Force Backup Node SolusVM

Dulu saya pernah membahas tentang cara melakukan backup node pada solusVM, bisa baca disini. Terkadang proses backup tidak bekerja karena beberapa faktor, misalnya disk pada node nya penuh seperti yang akan saya bahas saat ini.

Yang sering saya temui backup tidak bekerja karena ruang simpan pada node penuh. Hal ini karena memang dari solusVM merekomendasikan partisi / hanya 80GB. Nah sedangkan partisi ini sudah di bagi-bagi untuk menyimpan data ISO/template OS dan data-data lain termasuk file temporary backup.

File temporary backup ini biasanya masuk ke /tmp yang ada pada partisi / dimana ini kadang membuat ruang simpan menjadi penuh. Apakah file temporary bisa di pindah ? Bisa!

Caranya dengan membuat partisi baru pada volume group/VG, dengan catatan ruang simpan pada volume group anda masih cukup banyak sisa, silahkan di cek dulu menggunakan perintah vgs agar anda tau berapa nanti yang akan di bagi untuk partisi baru.

Saya akan membuat partisi baru dengan ukuran 130GB untuk menyimpan file temporary backup ke dalam volume group tersebut, perintahnya seperti ini

# lvcreate -n backups -L 130G vmnodes
# mkfs.ext4 /dev/vmnodes/backups
# mkdir /backups
# mount /dev/vmnodes/backups /backups/

Setelah itu tambahkan ke /etc/fstab agar bisa mounting otomatis setelah reboot

# echo "/dev/vmnodes/backups /backups ext4 defaults 1 1" >> /etc/fstab

Kemudian login ke solusVM ubah temporary backup pada setingan ftpbackup yang sebelumnya ke /tmp jadi /backup. Jika sudah lakukan force backup menggunakan perintah berikut,

# php /usr/local/solusvm/includes/autoftpbackup.php --mode=1 --debug=all

Oke sudah selesai, semoga membantu.

Leave a Reply