Cara Export/Import Appliance pada VirtualBox

Seperti yang kita tahu bahwa VirtualBox adalah software yang cukup populer untuk melakukan nested. Dan saya pribadi juga menggunakan software tersebut untuk kebutuhan riset.

Nah namun jika sewaktu-waktu jika perangkat kita diinstall ulang operating systemnya, maka data yang sudah kita buat pada mesin VirtualBox akan hilang. Sehingga kita perlu membuat mesin dari awal, dan konfigurasi-konfigurasi lainnya.

Beberapa hari yang lalu saya penasaran dengan fungsi export/import apliane yang ada di VirtualBox. Ternyata fungsi tersebut adalah untuk membuat backup dan merestore mesin yang sudah kita buat sebelumnya.

Ketika kita membuat backup apliance maka semua setingan mesin akan terbackup menjadi 1. Sehingga ini akan memudahkan kita untuk merestore mesin yang sudah kita buat sebelumnya walaupun perangkat dilakukan install ulang.

Jadi pada artikel ini saya akan membuat tutorial cara melakukan export/import apliance pada VirtualBox. Yuk simak tutorialnya dibawah ini.

Export Apliance

Dibawah ini akan saya jelaskan cara export apliance pada VirtualBox dengan lampiran gambar agar lebih jelas.

Ini adalah tampilan awal VirtualBox, kebetulan saya sudah membuat beberapa mesin untuk nested. Kemudian klik menu “Berkas
Setelah klik menu “Berkas” maka nanti akan ada menu dengan nama “Ekspor Appliance” silahkan di klik.
Jika sudah akan muncul jendela baru, silahkan pilih mesin yang ingin di ekspor, lalu klik “Lanjut”. Pastikan mesin yang akan di ekspor dalam kondisi offline ya.
File export akan otomatis muncul dengan format .ova, lalu simpan pada diks yang lain sekalin C. Sedangkan format biarkan default saja, kemudian klik “Lanjut“. Pada tutorial ini file export saya simpan pada directory D.
Setelah itu akan muncul jendela baru dengan tampilan seperti gmbar diatas, klik “Ekspor”.
Lalu tunggu proses eksport sampai selesai hingga 100%, jika sudah file .ova hasil import bisa di cek pada directory yang sudah anda seting sebelumnya.
Nah jika sudah selesai hasilnya seperti diatas. Dan itu beberapa hasil expor yang sudah saya lakukan sebelumnya.

Nah sampai disini proses ekspor sudah selesai, dan bisa anda simpan.

Import Appliance

Selanjutnya saya akan memberikan tutorial impor file appliance yang sebelumnya sudah kita buat. Saya sertakan gambar juga agar lebih jelas.

Klik menu “Berkas” kemudian klik “Impor Appliance
Kemudian pilih file .ova hasil ekspor sebelumnya.
Jika sudah di pilih file yang akan di impor maka klik “Lanjut
Setelah itu nanti akan muncul rincian mesin yang sebelumnya sudah dibuat. Lalu klik “Impor
Tunggu prosesnya sampai selesai, jika sudah maka nanti akan ada mesin baru yang muncul pada VirtualBox anda. Seperti gambar dibawah ini.
Yang saya beri tanda merah adalah mesin hasil import, selanjutnya untuk menjalankan mesin tersebut tinggal klik “Mulai
Ini adalah tampilan ketika mesin sudah online kembali.

Cukup mudan bukan cara melakukan ekspor/import appliance pada VirtualBox ? Silahkan dicoba ya, semoga membantu 🙂

Leave a Reply