Cara Backup Node Pada SolusVM

Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana cara melakukan backup node yang ada pada SolusVM. SolusVM adalah software kontrol management server, yang biasa digunakan untuk membuat virtual private server atau VPS.

Untuk melakukan backup node pada solusVM ini cukup mudah, setelah anda login ke admin solusVM silahkan klik menu “Nodes > List Nodes > Manage Nodes > AutoFTP Backup”.  Berikut tampilan pada halaman manage node

Kemudian untuk melakukan backup silahkan klik “AutoFTP Backup”  maka nanti akan muncul halaman baru untuk melakukan konfigurasi FTP Server Settings dan “Backup Setting” gambar dibawah ini.

Pada kolom directory ini optional, anda bisa anda isi default menggunakan / atau bisa isikan nama folder misalnya /backupnode1. Jika anda ingin melakukan custom directory maka pastikan pada server backup anda juga dibuatkan nama yang sama yaitu backupnode1.

Kemudian untuk konfigurasi backup setting diatas jangan lupa klik enable seperti gambar diatas agar backup dapat berjalan. Atur waktu sesuai dengan kebutuhan anda. Dalam contoh diatas node saya backup mingguan dan saya jalankan pada hari jumat. Maka setiap jumat backup akan berjalan. Setelah konfigurasi diatas sudah disesuaikan jangan lupa klik tombol “save” yang ada di bawah.

Setelah itu konfigurasi backup sudah selesai, dan bisa anda tunggu sesuai dengan waktu yang sudah anda jalankan diatas. Jika backup sudah berjalan maka nanti pada halaman auto backup akan muncul log proses backup yang sedang berlangsung seperti gambar berikut.

Hasil file backup bisa anda cek pada server backup anda, yang nantinya pada server backup akan muncul 3 format file yang nantinya bisa anda gunakan untuk melakukan restore VPS server. File backup tersebut berupa file.bz, file.xml dan file.dat. Untuk cara restore datanya akan saya bahas pada lain waktu.

Jika backup yang anda konfigurasikan tidak berjalan berarti masih ada settingan yang belum sesuai. Anda bisa cek dengan menjalankan perintah dibawah ini pada node yang akan anda backup.

Maka nanti akan muncul keterangan error apa saja yang belum sesuai. Selanjutnya anda tinggal mengikuti apa yang harus anda benarkan.

Nah itu saja tutorial kali ini, semoga bisa membantu. Selamat mencoba 🙂

Comments

comments